Simulasi Bisnis Virtual: Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Siswa SMA/SMK di Kabupaten Gresik

Authors

  • Muhammad Akbar Departemen Akuntansi, Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Erlina Diamastuti Departemen Akuntansi, Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Sugeng Firdausi Departemen Akuntansi, Universitas Internasional Semen Indonesia

Keywords:

experiental learning, gamifikasi, kewirausahaan, simulasi bisnis

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan/seminar kepada siswa SMA/SMK. Sekolah yang menjadi tujuan adalah sekolah unggulan yang ada di Gresik, yang kurikulumnya juga mengajarkan mata pelajaran kewirausahaan. Aplikasi simulasi bisnis virtual yang digunakan adalah MonsoonSIM. Aplikasi ini menggunakan metode experiental learning, dengan permainan bisnis virtual. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menumbuhkan serta memperkuat jiwa kewirausahaan siswa SMA/SMK agar dapat mandiri dan kompetitif menghadapi persaingan. Terdapat 3 SMA/SMK yang mendapatkan pelatihan secara terpadu. Hasil kegiatan ini, siswa menjadi lebih bersemangat, merasa senang, dan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. Dengan transfer teknologi tepat guna melalui media pembelajaran yang tepat  (berbasis gamifikasi) diharapkan dapat meningkatkan semangat kewirausahaan para siswa SMA/SMK

References

E. Mulyani, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 2011, 8, 1-18.

M. Y. Shafudin, F. G. Chin, Z. M. Raihanatul, International Journal of Learning and Development 2018, 8, 61-79.

A. Rusdiana, 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia.

B. B. Siswoyo, Jurnal Ekonomi Bisnis 2009, 14, 114-123.

N. Madjid, 2002. Entrepenur, Bandung: Republika

A. Taminsyah, in Developments in Business Simulation and Experiential Learning: Proceedings of the Annual ABSEL Conference, 2022, 49.

P. R. A. Eliasari, I. P. G. Sukaatmadja, E-Jurnal Manajemen Unud 2017, 6, 6620-6650.

K. R. Winatha, K. A. Ariningsih, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 2020, 17, 265-274.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Akbar, M., Diamastuti, E., & Firdausi, S. (2024). Simulasi Bisnis Virtual: Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Siswa SMA/SMK di Kabupaten Gresik . Sustainability and Social Impact, 1(2), 1–5. Retrieved from https://journal.uisi.ac.id/ssi/article/view/37