Simulasi Bisnis Virtual: Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Siswa SMA/SMK di Kabupaten Gresik
Keywords:
experiental learning, gamifikasi, kewirausahaan, simulasi bisnisAbstract
Program pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan/seminar kepada siswa SMA/SMK. Sekolah yang menjadi tujuan adalah sekolah unggulan yang ada di Gresik, yang kurikulumnya juga mengajarkan mata pelajaran kewirausahaan. Aplikasi simulasi bisnis virtual yang digunakan adalah MonsoonSIM. Aplikasi ini menggunakan metode experiental learning, dengan permainan bisnis virtual. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menumbuhkan serta memperkuat jiwa kewirausahaan siswa SMA/SMK agar dapat mandiri dan kompetitif menghadapi persaingan. Terdapat 3 SMA/SMK yang mendapatkan pelatihan secara terpadu. Hasil kegiatan ini, siswa menjadi lebih bersemangat, merasa senang, dan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. Dengan transfer teknologi tepat guna melalui media pembelajaran yang tepat (berbasis gamifikasi) diharapkan dapat meningkatkan semangat kewirausahaan para siswa SMA/SMK
References
E. Mulyani, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 2011, 8, 1-18.
M. Y. Shafudin, F. G. Chin, Z. M. Raihanatul, International Journal of Learning and Development 2018, 8, 61-79.
A. Rusdiana, 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia.
B. B. Siswoyo, Jurnal Ekonomi Bisnis 2009, 14, 114-123.
N. Madjid, 2002. Entrepenur, Bandung: Republika
A. Taminsyah, in Developments in Business Simulation and Experiential Learning: Proceedings of the Annual ABSEL Conference, 2022, 49.
P. R. A. Eliasari, I. P. G. Sukaatmadja, E-Jurnal Manajemen Unud 2017, 6, 6620-6650.
K. R. Winatha, K. A. Ariningsih, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 2020, 17, 265-274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sustainability and Social Impact
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.