Customer Relationship Management Sebagai Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Donattour by Mita Rasa

Authors

  • Astutik Indrawati Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Nur Maidah Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Tia Novitasari Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Elsi Mersilia Hanesti Universitas Internasional Semen Indonesia

Keywords:

Customer relationship management, Keunggulan bersaing, Kualitas, Pelanggan, Loyalitas

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk membangun dan meningkatkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan terhadap pembelian. Adanya perkembangan teknologi dan sistem informasi memudahkan para pelaku bisnis untuk menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Salah satu strategi yang dapat membantu  para pelaku bisnis dalam memperoleh keunggulan bersaing yaitu dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat deskripsi atau gambaran tentang penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang diterapkan oleh Donattour untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Metode yang digunakan berupa kualitatif deskriptif. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Donattour saat ini berkembang sangat pesat bahkan produknya sudah dikenal di berbagai kota. Dari segi kualitas produk, Donattour menawarkan berbagai macam produk. Pelanggan cenderung membayar lebih untuk kualitas dan nilai produk, seperti yang terlihat dalam slogan mereka “Biar rasa yang berbicara.” Variasi produk dan penawaran layanan juga merupakan faktor penting bagi pelanggan, dengan Donattour menawarkan donat custom dan berbentuk menara sebagai suguhan musiman. Donattour juga memberikan pilihan hadiah kreatif, penawaran bonus, dan diskon promosi kepada pelanggan.

 

Kata Kunci : Customer relationship management, Keunggulan bersaing, Kualitas, Pelanggan, Loyalitas.

References

Ari Suryaningsih, D. (2022). Customer Relationship Management PT Agrapan Wukir Panca. Juournal Research of Social, Science, Economics, and Management, 11.

Anatasha Onna Carissa, A. F. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 02.

Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management. Malang: Bayu Media Publishing.

Kurniawan, D. (2009). Management Berbasis Web Dalam Bidang Jasa. Universitas BINUS Jakarta, 1-25.

Trisnawati, W. R. (2014). Customer Relationship Management (CRM) dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan Metamorf Sidoarjo. ejournal upn.

Haislip, J. Z. (2017). The effect of Customer Relationship Mangement systems on Firm performance. Internasional Journal of Accounting Information systems, 16-29.

Anatasha Onna Carissa, A. F. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 02.

Reniati. (2013). Kreatifitas Organisasi dan Inovasi Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda Karya.

Made, W. I. (2005). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Adi Offset.

Bungin, B. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Afabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suhartuti, A. G. (2020). Customer Relationship Management (CRM) dan Pengaruhnya Terhadaip Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan Metamorf Sidoarjo. Ekonomi Bisnis, 77-78.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Astutik Indrawati, Nur Maidah, Tia Novitasari, & Hanesti, E. M. (2024). Customer Relationship Management Sebagai Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Donattour by Mita Rasa. Sustainability and Social Impact, 1(2), 15–18. Retrieved from https://journal.uisi.ac.id/ssi/article/view/41