Analisis Aircraft Routing dengan Mempertimbangkan Ketersediaan Pesawat ATR di Kawasan Indonesia Timur
DOI:
https://doi.org/10.64849/ssi.v2i2.82Keywords:
Flight Scheduling, Fleet Assignment, Aircraft Routing, Sit Connection, Indonesia TimurAbstract
Moda transportasi udara merupakan alternatif moda transportasi untuk masyarakat yang membutuhkan perpindahan barang maupun manusia dengan cepat. Aircraft routing bertujuan untuk menentukan rute pesawat dengan biaya operasi minimum. Penelitian ini mengembangkan model aircraft routing pada pesawat tipe ATR di Kawasan Indonesia Timur khususnya wilayah Maluku dan Papua dengan tujuan untuk memaksimumkan utilitas dari pesawat. Pada penelitian ini menggunakan flight scheduling yang telah tersedia dan membuat kombinasi alternatif rute untuk fleet assignment. Alternatif kombinasi rute dibangun dengan mempertimbangkan flight scheduling dan beberapa batasan seperti bandara home base, sit connection dan jam operasional bandara. Kemudian akan dilakukan pemilihan rute berdasarkan tingkat utilisasi tertinggi yang berguna untuk memaksimalkan penggunaan pesawat dengan mempertimbangkan ketersediaan pesawat setiap wilayah. Berdasarkan hasil penelitian ini, dari empat skenario yang telah dibuat didapatkan kombinasi rute 5 pesawat dimana 3 pesawat untuk wilayah Maluku dan 2 pesawat untuk wilayah Papua. Kombinasi rute tersebut didapatkan dengan sit connection 30 menit dan total utilisasi sebesar 4,9333.
References
Bazargan M. Airline Operations and Scheduling: Second Edition. 2nd Edition. London: Routledge; 2016. https://doi.org/10.4324/9781315566474.
Barnhart C, Boland NL, Clarke LW, Johnson EL, Nemhauser GL, Shenoi RG. Flight string models for aircraft fleeting and routing. Transportation Science 1998;32. https://doi.org/10.1287/trsc.32.3.208.
Zhang Q, Chung SH, Ma HL, Sun X. Robust aircraft maintenance routing with heterogenous aircraft maintenance tasks. Transp Res Part C Emerg Technol 2024;160. https://doi.org/10.1016/j.trc.2024.104518.
Yan C, Kung J. Robust aircraft routing. Transportation Science 2018;52. https://doi.org/10.1287/trsc.2015.0657.
Thengvall BG, Yu G, Bard JF. Multiple fleet aircraft schedule recovery following hub closures. Transp Res Part A Policy Pract 2001;35. https://doi.org/10.1016/S0965-8564(99)00059-2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Sustainability and Social Impact

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.